Sabtu, 01 Oktober 2016

Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor


Merupakan salah satu tempat wisata di Bogor. Merupakan lembaga konservasi yang telah berkiprah selama lebih dari 28 tahun. Taman Safari Indonesia telah diakui mampu mengelola dengan baik satwa-satwa yang tinggal di dalamnya yang berasal dari 5 benua dengan latar belakang perilaku dan habitat yang berbeda. 


Dengan pengalaman di bidang konservasi yang panjang ditambah pengakuan serta apresiasi dari dalam dan luar negeri, Taman Safari Indonesia mendapatkan akreditasi sebagai lembaga konservasi terbaik di Indonesia, yang merupakan sebuah pengakuan untuk pengelolaan satwa dan infrastruktur penunjangnya.


Kiprah Taman Safari Indonesia dalam dunia konservasi telah dimulai bahkan sebelum Taman Safari Indonesia dibuka ketika ikut menyukseskan Operasi Ganesha pada tahun 1982. Selanjutnya Taman Safari Indonesia terus berupaya mengemban misi konservasi baik secara eksitu maupun insitu antara lain dengan mendirikan Pusat Latihan Gajah Sumatera (PLG) di Lampung, Bengkulu dan Aceh, mendirikan Sumatran Rhino Sanctuary (SRS) di Way Kambas, mendirikan rumah sakit gajah di Lampung dan Riau, melakukan pelepasliaran burung curik Bali di Taman Nasional Bali Barat, hingga mengeksekusi proses penyelamatan dan relokasi harimau Sumatera dari Aceh ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan Taman Nasional Bukit Sembilang. 

Taman Safari Indonesia pun dipercaya oleh IUCN sebagai satu-satunya lembaga konservasi di dunia untuk penyelamatan harimau Sumatera dengan mendirikan pusat penangkarannya di Cisarua, Bogor-Jawa Barat. 



Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata di Bogor dengan konsep wisata keluarga, berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. 

Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman Safari Indonesia berfungsi juga sebagai penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di ketinggian 900-1800 m di atas permukaan laut, serta mempunyai suhu rata-rata 16 - 24 derajat Celsius.

Keunikan tempat wisata di Bogor ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari Indonesia. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Taman Safari Indonesia juga membuka tempat wisata di daerah lain yaitu Taman Safari Indonesia 2 terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, serta Bali Safari & Marine Park di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali dan Batang Dolphins Center di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Taman Safari Indonesia memiliki sekitar 2500 koleksi satwa dari hampir seluruh penjuru dunia termasuk satwa langka, seperti harimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, komodo dan lain sebagainya. 

AlamatJalan Raya Puncak No. 601, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750
Telepon: (0251) 8250000

0 komentar: